Selasa, 12 April 2011

Mengapa Anak Mengalami Ketidakmampuan Belajar ?

Konsep umum gangguan atau ketidakmampuan belajar mencakup problem dalam kemampuan mendengar,berkonsentrasi,berbicara,berpikir,memori,membaca,menulis dan mengeja,atau keterampilan social (Kamphaus,2000).
Persentase anak yang digolongkan menderita gangguan belajar semakin meningkat.Hal ini dikarenakan guru terkadang terlalu cepat mencap anak yang mengalami sedikit gangguan belajar sebagai anak yang mempunyai masalah ketidakmampuan belajar,padahal gangguan itu barangkali disebabkan oleh ketidakefektifan guru dalam mengajar,bahasa tulis,dan matematika ,(Hallahan & Kauffman,2000;Lerner,2000).
Anak yang menderita gangguan belajar sering kali sulit menulis dengan tangan,mengeja atau menyusun kalimat.Mereka kadang menulis dengan sangat lambat,tulisan mereka jelek dan banyak kesalahan dalam ejaan karena ketidakmampuan mereka untuk menyesuaikan huruf dengan bunyinya.
Meningkatkan kemampuan anak yang mengalami masalah dalam belajar ini adalah tugas sulit dan umumnya membutuhkan intervensi intensif agar mereka mampu memberikan hasil yang baik.

Referensi:
Santrock, John W. 2008, Psikologi Pendidikan Edisi Kedua.Kencana Prenada Media Group: Jakarta

Tidak ada komentar:

Posting Komentar